Senin, 03 Juli 2017

6 Cara Mudah Menabung Untuk Pelajar dan Mahasiswa

6 Cara Mudah Menabung Untuk Pelajar dan Mahasiswa
Menabung terkadang menjadi kebiasaan yang sulit untuk semua orang, apalagi pada seorang pelajar dan mahasiswa yang belum tentu sudah berpenghasilan, dimana masa remaja adalah masa yang sedang boros-borosnya menggunakan uang. Kalau mau jujur, banyak diantara kita yang sudah berpenghasilan pun sulit untuk menabung. Dengan berbagai alasan atau hambatan yang membuat kita sulit untuk menyisihkan uang kita. Entah karena faktor apa, bisa juga karena faktor gaya kehidupan yang boros dan pengeluaran yang banyak. Namun, masih ada banyak jalan untuk menuju roma. Sesulit apapun hambatan itu, pasti kita bisa menyisihkan uang kita untuk ditabung. Demi masa depan kita!

Nah, mungkin pelajar akan mulai menabung ketika dia mau membeli sesuatu atau mungkin demi bisa nonton dan liburan mungkin (?) Itu sah-sah saja, motivasi apapun itu, asalakan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kita sendiri dan jangan gunakan untuk membeli Pacar baru, eh. (Baca Juga: Cara Agar Punya Pacar). Kalau kamu menabung, mau kamu gunakan untuk apa? Pikirkan tujuan utama kamu itu, supaya ketika kamu menabung tidak berhenti ditengah jalan, atau bahkan jangan sampai mencungkil tabungan kamu ditengah jalan, nanti ketabrak, woiy! wkwkwkwk.

Bagi kalian, para pelajar yang sedang memiliki suatu target, entah itu membeli baju, hp, laptop, apalah itu asalkan hal yang bermanfaat, untuk bisa mendapatkan itu semua maka kalian harus menyisihkan uang kalian mulai dari sekarang! kenapa, harus sekarang? kalau bukan sekarang kapan lagi kalian akan memulainya! Nah, bagi kalian yang masih mengalami kesusahan dan hambatan ketika mengumpulkan uang itu, disini kita akan bahas bagaimana sih tips menabung yang menyenangkan dan ampuh untuk belajar itu, yuk kita mulai!

1. Tentukan Tujuan Utama Kalian
Semua hal harus dipersiapkan dari awal, dengan menetapkan tujuan yang jelas agar apa yang kalian lakukan akan terarah. Begitu juga kalau kalian akan mulai menabung. Kalian harus mempersiapkan tujuan utama kalian menabung itu untuk apa. Karena apabila berbeda tujuan, langkah-langkah yang harus diambil pun juga pasti berbeda. Ketika kalian menabung dengan tujuan untuk membeli handphone, tentu langkah yang harus diambil berbeda dengan kalian menabung untuk membeli baju.

Setelah mempunyai tujuan utama itu, kamu harus mempunyai prinsip, kalau kamu bakal konsisten untuk itu bisa tercapai. Kalian juga harus menentukan target, kapan kamu harus segera mencapai itu semua. Itu semua akan kamu dapatkan dengan mudah apabila kalian memiliki niat. Jadi, ingat tujuanmu, pastikan targetmu, dan niatlah untuk menabung! Ini langkah pertama, jadi kamu harus punya tujuan, target dan punya niat. Kalau kalian gak punya ketiganya, sama saja bohong. Ga usah nabung aja, sekalian! Oke, langkah selanjutnya.

2. Sisihkan Uang Saku Kalian (Minimal 30%)
Sebagai seorang pelajar, yang dapat kalian lakukan untuk memulai menabung adalah dengan menyisihkan uang saku kalian. Berbeda dengan oarang yang sudah bekerja, mereka bisa menyisihkan gaji mereka. Tentu kalian hanya dapat mengandalkan uang saku dari orang tua, karena belum memilki penghasilan. Tapi mungkin kalian sudah ada yang berpenghasilan, itu lebih baik lagi. Saya disini akan mengajak kalian hitung-hitungan. Saya generalisasikan saja, misalnya kalian mendapat uang saku Rp. 10.000,- setiap hari dari orang tuamu, minimal kamu harus menyisihkan uang sebanyak Rp.3.000,- Lebih banyak tentu hasil yang akan kalian targetkan juga akan lebih cepat diperoleh.

Besarnya uang yang dapat kamu sisihkan tentu juga harus mempertimbangkan tujuan kamu, ini yang saya berikan adalah minimal 30%. Apabila kalian menabung dengan tujuan untuk membeli handphone akhir tahun maka kamu harus mengumpulkan paling tidak Rp.5000 setiap harinya. Dengan asumsi selama 365 hari kita mengumpulkan uang Rp. 5000/hari. Jika dikalikan tentu kalian akan mendapatkan handhone yang kamu inginkan di akhir tahun. Jadi sesuaikan uang yang akan kamu sisihkan untuk ditabung dengan tujuan kamu menabung. O iya, ini saya perkirakan secara umum uang saku kalian 10 ribu, tentu akan berbeda dengan kalian yang mendapat 20 ribu dari orang tua kalian, dapat 50 ribu, dapat 100 ribu perhari, atau bahkan tidak diberi uang saku itu terserah kalian yang mau menyisihkannya.

3. Jangan Mencoba Untuk Boros
Untuk bisa menabung atau menyisihkan uang saku, kalian tentu jangan pernah untuk mencoba hidup boros. Seperti apa yang dimaksud dengan hidup boros? Hidup boros itu, kalian menggunakan uang kalian untuk membeli barang-barang untuk keperluan yang tidak penting atau bahkan sama sekali tidak penting. Sebagai contoh, kalian membeli tas dengan harga yang top mahalnya, hanya karena gengsi dengan teman atau agar kelihatan anak hits. Padahal kalian sudah ada 2 tas yang dibilang masih layak untuk dipergunakan. Bukanlah ini yang namanya mubazir? Nah, ini adalah salah atu contoh hidp boros. Mungkin kalian juga sudah paham, jadi usahakan untuk hidup tidak boros.

Berbeda kalau kamu mau beli tas yang haraganya mahal, ketika tas kamu sudah tidak layak pakai. Itu sah-sah saja, karena demi kenyamanan dan keamanan barang-barang kalian. Jadi, sebelum kalian berbelanja atau membeli sesuatu, usahakan barang itu berguna dan sedang kamu butuhkan. Kalau tidak sama saja kamu cuma menghamburkan uang kalian, Padahal itu bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lain di masa mendatang. (Baca: Menabung)

[PERTANYAAN]
Bagaimana agar saya bisa menyisihkan uang saku saya? Cara agar tidak boros?
Jawab:

Kalian bisa menyisihkan uang saku kalian dengan cara menggunakan atau menerapkan poin 3 diatas. Satu-satunya agar bisa menabung adalah dengan hidup tidak boros. Ketika kamu boros dalam menggunakan uang kalian, secara tidak sadar kalian sudah melakukan kesalahan yang fatal, uang yang akan kamu sisihkan bisa habis tertelan oleh hidup boros kalian Ingat kalian mempunyai tujuan untuk bisa menabung, jadi usahakan untuk tidak boros. gunakan langkah-langkah dibawah agar kalian bisa hidup hemat atau tidak boros: Cara agar tidak boros untuk pelajar.

4. Bawa Bekal Dari Rumah
Kebanyakan pelajar, terutama pelajar SMA sudah mulai meninggalkan kebiasaan baik ini. Entah karena merasa malu atau apa. Padahal dengan membawa bekal dari rumah tentu makanan yang kita konsumsi akan jauh lebih aman dan sehat dibandingkan dengan membeli jajanan di sekolah. Selain sehat, dengan membawa bekal dari rumah tentu kalian akan jauh lebih irit, bagaimana tidak? ketika kalian makan bekal kamu, kalian pasti sudah kenyang dan akan menghilangkan pikiran kalian untuk jajan. Dengan mudah kamu dapat menyisihkan uang saku kalian untuk ditabung ketika kalian bawa bekal dari rumah. So, cobalah untuk menghilangkan rasa malu untuk membawa bekal, kalau kalian ingin menyisihkan uang saku kalian.
5. Langsung Pulang Kerumah
Hampir semua pelajar, tidak langsung pulang kerumah ketika jam sekolah sudah delesai. Entah mereka masih disekolah, main kerumah teman, nongkrong, atau shopping. Tentu dengan tidak pulang kerumah, kalian membutuhkan pengeluaran tambahan kalau siang/sore kamu belum makan siang, maka mau tidak mau kalian harus jajan diluar, tentu akan lebih hemat kalau kalian pulang kerumah setelah jam sekolah sudah usai.
6. Lakukan Hal Yang Kreatif + Positif
Gunakan waktu anda untuk hal-hal yang memacu daya kreatif anda agar mempu membuahkan hasil. kamu dapat mengisi waktu istirahat kalian dengan membaca buku di perpustakaan atau main game dengan hotspot sekolah atau hal yang positif lainnya. Kamu juga bisa mengisi waktu luang kalian dengan hal kreatif. Apabila kalian suka menulis, mulailah untuk menulis. Apabila kalian suka menggambar, ya buatlah coret-coretan dikertas agar goresan-goresan kamu semakin hari semakin baik.
Dengan hidup positif, tentu kalian akan lebih kreatif dan bisa saja produktif dengan hasil-hasil karya yang kalian miliki. Apabila kalian sedang bosan dirumah, kalian bisa melakukan aktivitas yang positif seperti joging, mancing,atau keluar sekedar mencari angin segar. Ini akan jauh lebih hemat. Dengan demikian uang saku kalian bisa kalian sisihkan dan ditabung.

TIPS:
Menabung memang sangat bermanfaat sekali. Jadi mulailah menabung sejak sedini mungkin. Karena hasil yang bisa kalian rasakan sampai dihari tua kalian adalah dengan menabung. Dengan kebiasaan yang positif kalian ini, tentu akan mudah tertanam sampai dimasa tua, dan kalian bisa mengajarkan kepada anak cucu kalian tentang bermanfaatnya medabung sejak kecil. Semoga sukses, sob!

You Also Can Search:
Cara Menabung Di Sekolah
cara menabung untuk mahasiswa
cara menghebat uang saku pelajar
cara agar tidak boros di sekolah
cara agar hemat untuk pelajar